Menu

PT EQUITY WORLD FUTURES

PT Equityworld | 5 Cara sangat mudah menghemat uang agar cepat kaya

PT Equityworld | 5 Cara sangat mudah menghemat uang agar cepat kaya

PT Equityworld | 'Hemat Pangkal Kaya'. Pepatah ini mungkin tersimpan hampir di semua benak orang. Namun demikian, hidup hemat tak semudah membalik telapak tangan.

Banyak orang berkeinginan hidup hemat dengan menekan pengeluaran bulanan, tetapi godaan selalu datang menghampiri sehingga tak jarang keluar biaya untuk sesuatu tak penting.

Di luar itu, barangkali Anda memiliki perasaan yang mengganggu bahwa wajib menyisihkan sebagian uang untuk keadaan darurat. Namun demikian, saat keadaan ekonomi seperti sekarang ini, tampaknya sudah habis-habisan menekan biaya hidup, sehingga untuk menabung bisa jadi sebuah perjuangan yang ekstra berat.

Tapi, ada beberapa cara mudah dan sepele untuk menabung tanpa melupakan kebutuhan hidup yang lainnya. Berikut caranya seperti dikutip dari cermati.

1. Disiplin atur uang

Mengatur keuangan itu tidak sulit, namun perlu pemahaman dasar soal istilah finansial. Ada baiknya mengetahui apa itu cash flow, ROI, IRA dan sebagainya.

Dengan demikian, kesadaran untuk hidup hemat lebih tinggi. Tak perlu baca buku, semua istilah finansial bisa dipelajari langsung secara gratis via internet.

2. Buat rekening alternatif

Sebenarnya, tidak begitu sulit untuk menyembunyikan uang. Cukup membuat rekening tabungan alternatif tanpa akses kartu ATM. Setiap kali rekening tabungan menerima gaji bulanan, segera transfer nominal tertentu ke rekening tabungan alternatif atau aktifkan saja opsi transfer otomatis agar tidak repot kirim manual.

Supaya uang di tabungan alternatif tidak terpakai sama sekali, lakukan print buku tabungan setiap 4-5 bulan sekali. Setiap kali menerima bonus, segera setor langsung dan jika pendapatan bulanan naik, berarti nominal yang disetor harus naik pula.

3. Catat pengeluaran

Selain peduli pada pendapatan, coba luangkan perhatian pada pengeluaran. Ambil kertas dan pensil, lalu catat semua pengeluaran dalam sebulan.

Coba analisa mendalam semua pengeluaran dan cari tahu apakah ada sektor yang bisa ditekan atau dihapus karena tidak penting. Menekan pengeluaran bulanan merupakan cara paling efektif menghemat uang.

4. Hindari beli mendadak

Jangan membeli sesuatu yang mendadak atau di luar pos pengeluaran bulanan, apalagi tidak bersifat 'wajib'.

Mengeluarkan uang untuk barang yang tak penting karena godaan 'sale cuci gudang' adalah bagian dari pemborosan. Jangan sampai mengambil keputusan yang berujung pada penyesalan.

Baca juga : Xiaomi Redmi Note 4 RAM 4 GB Resmi Dijual di Indonesia, Harganya? | PT Equityworld

5. Bayar tunai

Dampak positif kehadiran kartu kredit yaitu tak perlu bawa uang banyak ketika berbelanja. Akan tetapi dampak negatif bagi si pemilik kartu yaitu utang menumpuk akibat pemakaian tidak terkendali.

Agar finansial aman bebas dari virus kartu kredit, lebih baik jangan taruh di dompet dan bayar segala sesuatu dengan uang tunai.

6. Jangan beli barang tak dibutuhkan

Hanya karena toko menawarkan item uang muka 0 persen, tidak berarti Anda harus membelinya. Belilah produk yang memang dibutuhkan atau mampu membelinya. Jangan tergoda dengan iklan, apalagi sampai berutang dengan kartu kredit.

PT Equityworld

TAG :
Equity World Jakarta, Equityworld Futures Jakarta, PT Equityworld Jakarta, PT Equityworld, Equityworld Futures, PT Equity World , Equity World, PT Equityworld Futures, PT Equityworld Futures Jakarta SSC, EWF, PT EWF

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.