Menu

PT EQUITY WORLD FUTURES

Equityworld Futures | Masyarakat bisa cek data registrasi kartu prabayar

Equityworld Futures | Masyarakat bisa cek data registrasi kartu prabayar

Equityworld Futures | Di tengah-tengah pemerintah gencar menyosialisasikan registasi kartu prabayar, muncul kekhawatiran dari sisi masyarakat andai saja NIK dan No KK digunakan oleh pihak lain. Apa yang bisa dilakukan masyarakat?

Achmad Ramli, Dirjen Perangkat Pos dan Informatika (PPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), mengatakan, bila ada nomor yang digunakan untuk mendaftarkan registrasi ulang menggunakan nama pihak lain, itu bisa dilakukan unregistrasi.

"Prinsipnya tanggal 20 November paling lambat, operator punya cek fitur kirim lewat SMS tertentu. Jadi bisa cek siapa selain kita yang menggunakan NIK dan no KK kita untuk melakukan registrasi," ujarnya di Gedung Kemkominfo, Jakarta, Selasa (7/11).

Meski begitu, masyarakat hanya bisa mengecek di fitur tersebut tapi tak bisa melakukan unregistrasi sendiri. Proses unregistrasi hanya bisa dilakukan di gerai operator seluler yang digunakan.

Baca juga : Ada perubahan perilaku masyarakat saat isi data pribadi | Equityworld Futures

"Jadi bisa datang ke gerai untuk melakukan unregistrasi bila terdapat nomor yang diregistrasi menggunakan data kita. Fitur unregistrasi juga diataur UU ITE. Operator seluler diwajibkan mempunyai fitur ini," jelas dia.

Diputuskannya proses unregistrasi hanya bisa dilakulan di gerai, memungkinkan agar tidak ada saling klaim jika data yang digunakan benar. Menurutnya, hal itu bisa saja terjadi. Maka itu, masyarakat diharuskan melakukannya di gerai untuk disesuaikan dengan data aslinya.

Equityworld Futures

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.