Menu

PT EQUITY WORLD FUTURES

Equityworld Futures | Bahaya dari mendiagnosis diri sendiri

Equityworld Futures | Bahaya dari mendiagnosis diri sendiri

Equityworld Futures | Stress dan depresi telah menjadi masalah yang sering dialami oleh orang pada zaman sekarang. Tuntutan pekerjaan, kebutuhan hidup yang semakin banyak, dan kemungkinan di masa depan yang menghantui menjadi contoh beberapa penyebabnya. Buruknya, banyak orang yang justru tidak membagi masalahnya tersebut dengan orang lai. Mereka menyimpannya sendiri dan mulai untuk men-judge diri mereka sendiri. Seperti "kenapa kok bisa jadi gini ya, apa mungkin aku itu... gini lah gitu lah". Atau seperti ini "Eh aku kok merasa aneh ya sama saudaraku? apa dia berkepribadian ganda ya?".

Nah, seberapa sering kamu mendengar kalimat-kalimat judgmental seperti di atas? Atau mungkin tanpa disadari pernah mengatakannya? Tahukah kamu ada bahaya yang mengancam kesehatan mental di balik kalimat kalimat yang terkesan remeh itu?

Manusia memang dipenuhi oleh rasa keingintahuan. Sering kali ketika mendapatkan sebuah informasi, seseorang langsung menggeneralisir yang ia ketahui dengan fakta sekitar. Padahal informasi yang tersebar di luar sana, ada yang bersifat mentah, dan membutuhkan proses lebih lanjut untuk dapat diaplikasikan.

Kehadiran raksasa mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing, yang hanya dengan sentuhan bisa membawa kita kepada informasi baru, sedikit banyak memperparah masalah ini. Banyak orang yang kemudian merasa takut terkena penyakit atau masalah serius pasca melakukan pencarian atas hal aneh yang dirasakan dalam dirinya.

Misal, seseorang belakangan ini sering merasa pusing. Kemudian ia menggunakan mesin pencari untuk menjawab rasa penasarannya. Dari hasil pencariannya ternyata membawanya pada gejala penyakit serius seperti kanker otak misalnya.

Orang itu kemudian langsung merasa takut dan sudah panik karena menyangka dirinya mengalami penyakit serius. Padahal belum tentu dia memang memiliki penyakit serius, tapi dia telah menciptakan kepanikan yang tidak perlu untuk dirinya sendiri. Perilaku inilah yang harusnya dihindari.

Cara mengatasi kaki kram saat hamil | Equityworld Futures

Info lowongan kerja di Equity World SSC Jakarta | Equityworld Futures

Sama dengan penyakit fisik, hal yang sama sering dilakukan pula untuk gangguan mental. Hal ini yang kemudian menyebabkan munculnya persepsi yang salah mengenai gangguan mental.

Misal, orang yang mood nya mudah berubah dikira berkepribadian ganda. Orang yang tidak mudah berada di keramaian dikira antisosial. Orang yang sering berbohong dikira psikopat. Dan masih banyak mispersepsi lainnya.

Equityworld Futures

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.