Menu

PT EQUITY WORLD FUTURES

Equity World | Ini Dia, 5 Fakta yang Jarang Diketahui dari Rasi Bintang

Equity World | Ini Dia, 5 Fakta yang Jarang Diketahui dari Rasi Bintang

Equity World | Rasi bintang atau konstelasi adalah sekelompok bintang yang berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus. Bukan rahasia lagi jika manusia zaman dahulu memanfaatkan keberadaan rasi bintang yang biasanya digunakan untuk mengukur waktu atau sebagai penunjuk arah atau navigasi.

Berikut ini lima fakta rasi bintang yang jarang diketahui:

1. Bukan hanya 12, akan tetapi ada 88 rasi bintang

Rasi bintang yang terkenal hanya berjumlah 12 rasi seperti yang biasa digunakan dalam zodiak. Namun rupanya terdapat 88 rasi bintang resmi.

Pada 1922, Persatuan Astronomi Internasional (IAU) secara resmi mengakui 88 rasi bintang, di mana 48 di antaranya berasal dari catatan ahli astronomi Yunani kuno, Ptolemy, yang ditulis sekitar 150 Masehi.

Peta rasi bintang yang dirangkai oleh Ptolemy, sebagian besar hanya merangkai rasi-rasi bintang di Belahan Bumi Utara (BBU), sehingga bintang-bintang di dekat kutub Selatan tidak terpetakan saat itu.

Lalu pada 1551 Masehi, penjelajah asal Belanda yang bernama Gerardus Mercato, Pieter Keyser, dan Frederick de Hautmann, menambah daftar rasi bintang di Belahan Bumi Selatan (BBS).

Akan tetapi saat itu rasi-rasi ini belum lengkap, hingga astronom Polandia, Johannes Hevellius dan astronom Perancis, Nicolas Louis de Lacaille memetakan ulang rasi bintang yang tersisa dan menjadi seperti sekarang.

2. Rasi bintang juga terbit dan terbenam

Sama seperti Matahari dan Bulan, rasi bintang tidak berdiam diri di satu tempat karena rotasi Bumi. Rasi bintang itu juga mengalami terbit dan terbenam. Selain terbit dan terbenam, waktu terbitnya juga berubah-ubah setiap harinya dan hal itu membuat pengamat di Bumi tidak akan melihat rasi bintang yang sama setiap malam.

Rasi bintang akan terbit dan terbenam empat menit lebih awal dibandingkan malam sebelumnya. Perubahan ini berjumlah dua jam setiap bulannya.

3. Kemunculan rasi bintang yang bergantian

Suatu rasi bintang tidak selalu teramati di langit malam sepanjang tahun. Karena Bumi mengelilingi Matahari, hal itu membuat sebuah rasi bintang hanya teramati pada bulan-bulan tertentu.

Namun, rasi bintang yang bisa dilihat sepanjang tahun juga tergantung pada lokasi di mana pengamat berada. Setiap lokasi memiliki kenampakan rasi bintang berbeda dan bervariasi. Di belahan BBU misalnya, rasi bintang Orion adalah rasi bintang musim dingin. Sementara itu Leo dikategorikan sebagai rasi bintang musim semi dan Pegasus adalah rasi bintang musim gugur.

4. Rasi bintang bergerak dari timur ke barat seperti Matahari

Setiap malam lebih banyak bintang dan rasi bintang yang mulai muncul di bagian timur langit saat senja, sebelum bergerak dan menghilang di ufuk barat menjelang fajar.
Rasi bintang yang muncul di timur memiliki tingkat pergeseran harian mendekati satu derajat per hari, karena menyelesaikan perjalanan melingkar 360 derajat mengelilingi Matahari. Ini artinya, satu tahun kemudian rasi bintang itu akan kembali ke posisi yang sama dengan waktu terbit yang sama seperti tahun sebelumnya.

Rupiah Melemah Imbas Faktor Global | Equity World

Info lowongan kerja di Equity World SSC Jakarta | Equity World

5. Beberapa rasi bintang memiliki famili

Famili rasi bintang bisa diartikan sebagai sekelompok rasi bintang yang terletak di wilayah langit yang sama. Biasanya, nama famili rasi bintang akan diambil dari nama rasi bintang yang paling menonjol.

Famili-famili ini  di antaranya adalah Famili Herkules yang memiliki 19 rasi bintang, Famili Ursa Mayor yang memiliki 10 rasi bintang, Famili Perseus yang miliki 9 rasi bintang, dan Famili Orion yang memiliki 5 rasi bintang.

Famili yang paling terkenal adalah Famili Zodiak yang sudah umum di masyarakat, berisikan 12 rasi bintang yang dimulai dari Akuarius, Kaprikornus, Sagitarius, Skorpius, Libra, Virgo, Leo, Kanser, Gemini, Taurus, Aries, dan Pises.

Equity World

 

 

 

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.