Menu

PT EQUITY WORLD FUTURES

Equity World | Cara mengetahui data pribadi di Facebook dicuri atau tidak

Equity World | Cara mengetahui data pribadi di Facebook dicuri atau tidak

Equity World | Kegaduhan ini bermula dari Amerika. Negara adidaya yang disebut-sebut sebagai salah satu negara kiblat teknologi modern itu tiba-tiba digoyang skandal pencurian data. Tak kurang dari 87 juta data pribadi pengguna situs jejaring sosial Facebook dibobol firma riset analis Cambridge Analytica.

Firma ini belakangan diketahui merupakan konsultan politik yang dipakai Donald Trump dalam kampanye Pemilihan Presiden AS pada 2016. Berita pun menggelinding liar ke negara di belahan bumi lain, termasuk Indonesia. Apalagi kemudian pengguna Facebook Indonesia dikabarkan juga tak luput dari pencurian data ini.

Menurut data yang dibagikan Newsroom Facebook, 1.096.666 data pengguna Facebook di Indonesia juga dicuri Cambridge Analytica. Publik di Indonesia pun gaduh. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informasi sampai menyurati Facebook, meminta penjelasan terkait dengan kabar tersebut.

Lalu bagaimana dengan antisipasi Facebook? Agaknya mereka segera bergerak mengantisipasi kabar tersebut. Mereka segera merilis cara mengetahui dan mencegah agar data diri penggunanya tidak bocor ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Informasi penting ini disampaikan perusahaan jejaring sosial terbesar itu lewat Newsroom mereka. Di sana mereka menjelaskan pengguna akan menerima pemberitahuan pada News Feed Facebook mereka jika data telah dicuri.

Pemberitahuan ini lengkap dengan tombol baru untuk mengubah pengaturan privasi, per tanggal 9 April 2018. Facebook akan menampilkan dua jenis pemberitahuan, yaitu'See How You're Affected'dan 'Go To Apps And Websites'.

Nah, jika ada pemberitahuan 'See How You're Affected', berarti akun pengguna Facebook beresiko data dicuri oleh aplikasi This Is Your Digital Life. Inilah aplikasi yang diduga menyalahgunakan data pengguna Facebook dengan memberikan pada Cambridge Analytica.

Jika Anda melihat pemberitahuan ini, berarti Anda salah satu dari jutaan pengguna yang datanya dicuri oleh firma asal Amerika tersebut.

Mengenal efek samping suntik steroid yang dilakukan Joan Indonesian Idol | Equity World

Info lowongan kerja di Equity World SSC Jakarta | Equity World

Berikutnya, pemberitahuan yang bertuliskan 'Go To Apps And Websites'. Pemberitahuan ini mengacu pada aplikasi dan situs web yang terhubung dengan akun Facebook. Pengguna bisa menghapus aplikasi dan situs web tersebut jika tidak ingin terhubung dengan akun Facebook mereka.

Selain kedua pemberitahuan tersebut, Facebook juga menjelaskan langkah-langkah untuk mencegah kebocoran data tidak terulang. Caranya dengan membatasi akses data pengguna Facebook melalui API (application programming interface), untuk digunakan di aplikasi lain seperti Instagram maupun pihak ketiga.3

Equity World

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.