Menu

PT EQUITY WORLD FUTURES

Equity World | Catat! Ini Faktor-faktor Penyebab Telinga Berdenging

Equity World | Catat! Ini Faktor-faktor Penyebab Telinga Berdenging

Catat! Ini Faktor-faktor Penyebab Telinga Berdenging

Equity World | Munculnya suara berdenging pada telinga tentu membuat perasaan seseorang bingung. Sebab hal tersebut sering dikaitkan dengan mitos yang beredar di masyarakat. Lantas, menurut medis apa saja faktor penyebab hal tersebut?

dr Agus Subagio, SpTHT dari RS Pondok Indah Puri Indah mengatakan telinga berdenging dalam dunia medis biasa disebut dengan tinnitus. Hal ini pun dibagi menjadi beberapa faktor berdasarkan telinga bagian luar, tengah dan dalam.

"Kalau pada telinga bagian luar itu artinya dari lubang sampai gendang telinga. Nah, biasanya karena ada kotoran jadi mengganggu gendang sehingga berbunyi (berdenging)," ucap dr Agus.

Selain itu, bunyi berdenging juga bisa muncul karena adanya lubang pada liang telinga. Kemudian pada telinga bagian tengah, suara berdenging biasa disebabkan karena adanya cairan.

"Dan yang paling sering berasal dari bagian dalam yaitu dimulai dari rumah siput sampai saraf pendengaran. Ini biasanya terjadi pada pasien yang lebih tua dan kebanyakan kasus karena saraf pendengaran yang bermasalah," sambung dr Agus.

Baca juga : Tuangkan Air Kembali Saat Telinga Kemasukan Air, Aman Nggak Ya? | Equity World

Untuk mengatasinya, hal tersebut ditentukan berdasarkan letak permasalahan. dr Agus menjelaskan, untuk telinga bagian luar, biasa diatasi hanya dengan membersihkan kotoran telinga.

Sedangkan untuk telinga bagian tengah, diatasi dengan operasi kecil yaitu memasukan pipa untuk mengeluarkan cairan dalam telinga.

"Nah, kalau telinga bagian dalam ini jadi tantangan karena sampai saat ini belum ada metode efektif menghilangkan suara berdenging. Tapi biasanya dibantu dengan obat atau terapi seperti akupuntur walaupun memang tidak efektif," pungkas dr Agus.

Equity World

TAG :
Equity World Jakarta, Equityworld Futures Jakarta, PT Equityworld Jakarta, PT Equityworld, Equityworld Futures, PT Equity World , Equity World, PT Equityworld Futures, PT Equityworld Futures Jakarta SSC, EWF, PT EWF

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.