Menu

PT EQUITY WORLD FUTURES

Duduk lebih dari 6 jam? Awas penyakit mengerikan ini mengintai!

Equity World | Duduk lebih dari 6 jam? Awas penyakit mengerikan ini mengintai!

Equity World | Mungkin sebagian besar dari kita sudah menyadari bahwa duduk terlalu lama itu tidak sehat. Bahkan sangat mengerikan!

Setiap orang memiliki lebih dari 600 otot dan sekitar 206 tulang yang tersusun dalam tubuh manusia. Fungsi mereka untuk apa? Tentu saja untuk membantu seseorang bergerak dengan bebas, melakukan aktivitas yang bermanfaat dan menyehatkan. Lantas bagaimana jika otot dan tulang tersesbut justru lebih banyak dianggurkan alias menganggur dengan hanya duduk selama berjam-jam?

Tubuh tentu saja tidak akan aktif dan kehilangan kelincahan serta seseorang dapat mengalami 'penyakit tua' terlalu dini. Bahkan, sebuah penelitian mengklaim bahwa orang-orang yang duduk lebih dari 6 jam sehari memiliki 50 persen risiko kematian lebih besar karena masalah kesehatan yang akan timbul di sana. Dikutip dari merdeka.com


1. Risiko pertama

Ketika Anda duduk terlalu lama, dengan durasi waktu 6 jam tanpa berdiri, maka hal tersebut akan memaksa pankreas untuk membuat banyak insulin. Lantas apa efeknya?

Tentu saja dalam jangka panjang hal ini akan memicu risiko diabetes. Bahkan cukup tinggi kemungkinannya. Oleh karena itu, sebaiknya berikan tubuh Anda beristirahat dari duduk. Anda bisa berjalan sebentar setiap 2-3 jam sekali.


2. Risiko kedua

Ternyata efek dari duduk terlalu lama tidak bisa disepelekan. Yang cukup mengerikan adalah dengan mempengaruhi fungsi otak. Apa hubungannya duduk terlalu lama dengan fungsi otak?

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa duduk terlalu lama akan menghambat aliran darah ke otak. Dan hal inilah yang akan mempengaruhi fungsi otak dalam jangka panjang lantaran kurangnya pasokan darah.


3. Risiko ketiga

Mungkin yang satu ini cukup sering dialami, yaitu duduk terlalu lama dapat membuat pencernaa terganggu. Tidak, bahkan ini sangat mengganggu!

Sembelit, kembung, dan juga mulas akan membuat Anda tidak nyaman duduk terlalu lama dalam jangka waktu yang lama.


4. Risiko keempat

Duduk terlalu lama juga akan berpengaruh pada tulang belakang Anda. Yang mana otot-otot di sana tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Sehingga pada akhirnya Anda akan menderita nyeri punggung dan juga leher. Berhati-hatilah.

Baca juga : Tips jitu cegah kanker paru-paru | Equity World


5. Risiko kelima

Terlalu lama duduk juga dapat meningkatkan penumpukan lemak di arteri Anda. Jelas, hal ini akan berakibat buruk pada jantung Anda.

6. Risiko keenam

Yang paling banyak ditakutkan oleh banyak orang adalah osteoporosis. Ya, tentu saja. Kurangnya gerak, terlalu banyak diam dan duduk dengan kondisi yang stagnan akan memicu osteoporosis pada seseorang.

Tak kalah menarik kunjungi juga : Equity World

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.