Menu

PT EQUITY WORLD FUTURES

Bingung Mengajarkan Anak Puasa? Coba Cara Ini

Equity World Jakarta | Bingung Mengajarkan Anak Puasa? Coba Cara Ini 

Ilustrasi makan bersama keluarga muslim. (Shutterstock)

Equity World Jakarta | Bulan suci Ramadan bisa menjadi cara bagi orangtua untuk mulai memperkenalkan ibadah puasa kepada anak yang berusia dini. Tapi bagaimana cara memulainya?

Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si mengatakan bahwa mengajarkan anak berpuasa bisa dimulai dengan mengajaknya mengikuti kegiatan saat puasa seperti sahur dan berbuka puasa. Saat sahur misalnya, orangtua, kata dia, bisa turut membangunkan anak dan biarkan Ia melihat kegiatan sahur.

"Masalah nanti pagi dia minta makan ya berikan saja. Tapi kita sampaikan bahwa saat ini merupakan bulan puasa dimana orang tidak makan dan minum di siang hari sampai waktu magrib," ujar psikolog yang akrab disapa Nina ini pada temu media di Jakarta, Senin (5/6/2017).

Seiring dengan bertambahnya usia, anak bisa didorong untuk berpuasa secara bertahap, misalnya belajar tidak makan dan minum hingga pukul 12.00. Sebagai apresiasi, Nina mengatakan tak masalah jika orangtua memberikan penghargaan kepada anak.

"Boleh dikasi reward misalnya stiker. Nanti ditingkatin waktu puasanya jadi sampai magrib seiring dengan bertambahnya usia," tambah dia.

Baca juga : Demo Menuntut Uang Bonus, 30-an Tentara Kamerun Ditangkap | Equity World Jakarta

Secara bertahap pengenalan anak terhadap puasa bisa membuatnya lebih siap ketika sudah memasuki masa akil baligh dimana memang ia telah diwajibkan berpuasa. Namun Nina menekankan bahwa orangtua harus bisa menjadi contoh bagi anak dalam melakukan ibadah puasa yang baik.

"Jadi, orangtuanya dulu harus jadi contoh. Sehingga anak akan lebih mudah menangkap pentingnya puasa dan bagaimana praktiknya yang benar," pungkas dia.

Equity World Jakarta

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.