Menu

PT EQUITY WORLD FUTURES

7 Masalah kesehatan yang muncul akibat malas cuci tangan

Equityworld Futures | 7 Masalah kesehatan yang muncul akibat malas cuci tangan

Equityworld Futures | Cuci tangan merupakan saran kesehatan paling sederhana namun efektif untuk menangkal serangan bakteri, kuman, atau virus penyebab penyakit. Sayangnya, meski sederhana, banyak orang yang malas untuk cuci tangan.

Lalu, apa akibatnya jika kamu jarang cuci tangan, terutama ketika kamu baru saja beraktivitas di luaran? Dikutip dari merdeka.com, berikut adalah beberapa masalah kesehatan atau penyakit yang akan menderamu ketika kamu malas untuk cuci tangan.

Mudah kena pilek
Salah satu alasan utama kenapa kamu harus rajin cuci tangan adalah untuk meminimalkan perpindahan bakteri dari benda-benda umum yang sering kamu pegang seperti kenop pintu, bel, atau mungkin dari berjabat tangan dengan orang lain yang sebelumnya terinfeksi penyakit. Jika kamu jarang cuci tangan, perpindahan virus atau bakteri ini akan memicu mudahnya untuk terkena pilek.

Diare
Diare juga dapat disebabkan karena malasnya cuci tangan. Diare akan muncul dari perpindahan bakteri yang tak kasat mata.

Terinfeksi bakteri E.coli
E.coli atau Escherichia Coli adalah bakteri yang menyebar dari kotoran satu orang ke orang lain. Tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum akan membuatmu mudah terinfeksi bakteri ini.

Keracunan makanan
Tangan yang terkontaminasi bakteri, kuman, dan virus akan membuatmu keracunan makanan dan kemudian berakhir dengan sakit perut akut, muntah, atau diare.

Hepatitis A
Hepatitis adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi virus yang sangat menular di hati. Gejalanya meliputi tubuh mudah lelah, urin berwarna gelap, mual, demam, kehilangan nafsu makan, dan mata atau kulit berwarna kuning. Jarang mencuci tangan akan membuatmu berisiko tinggi untuk terkena hepatitis.

Penyakit cairan tubuh
Cairan yang dikeluarkan tubuh mengandung banyak kuman, terutama saat kamu terinfeksi suatu penyakit. Begitu pula dengan tubuh orang lain. Saat kamu jarang cuci tangan, maka akan muncul penyakit yang berkaitan dengan cairan tubuh seperti tipus atau penyakit virus Epstein-barr.

Baca juga : Makan sebelum berolahraga, penting atau tidak penting? | Equityworld Futures

Impetigo
Impetigo adalah infeksi menular yang biasa terjadi pada anak-anak yang jarang cuci tangan. Penyakit ini ditandai dengan kulit kemerahan yang kemudian berkembang menjadi lecet kecil.

Cuci tangan sangatlah mudah untuk dilakukan. Pastikan kamu mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun pencuci tangan yang memadai agar kamu bisa terhindar dari penyakit di atas.

Tak kalah menarik kunjungi juga : Equityworld Futures

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.